Langsung ke konten utama

KENAPA API BERSIFAT SARWA BAKSA

KENAPA API BERSIFAT SARWA BAKSA
Dalam salah satu episoda cerita adi parwa, dilukiskan secara mitologis mengapa api itu dapat menjadi berbagai lambang atau dapat dikatakan memakan segalanya seperti membakar mayat dan mensucikan roh orang yang meninggal. Dalam cerita adi parwa diceritankan bahwa ada seorang resi bernama rsi duloma yang telah memiliki seorang istri. Istri sang rsi ini terus di intai, dirayu oleh seorang raksasa yang bernama raksasa duloma. Pada suatu hari rsi duloma sedang mandi yang tidak jauh dari pesramannya. Kesempatan ini dipergunakan sebaik baiknya oleh seorang raksasa duloma, dimana raksasa itu merayu istri sang pertapa dengan menyatakan bahwa suaminya yang sebenarnya adalah bukan rsi duloma tapi dirinya sendiri raksasa duloma. Namun terjadi perdebatan antara raksasa duloma dengan istri sang rsi. Dalam perdebatan tersebut datanglah agni. Sang raksasa meminta kesaksian agni untuk menjelaskan bahwa memang benarlah suami yang sebenarnya adalah raksasa tersebut. Pada saat itulah datang rsi duloma dari permandiannya. Karena didapat agni memberikat kesaksian palsu maka iapun dikutuk oleh sang rsi untuk memakan segalanya termasuk mayat. Semenjak saat itulah agni menjadi sarwa baksa atau memakan segalanya sampai pada hal yang paling kotor sekalipun.

Dari cerita diatas menunjukkan bahwa api sebagai salah satu dari sumber alam yang memiliki dua aspek sebagai hukum rwa bineda. Aspek positif  dimana api menjadi sahabat yang utama dari manusia dan mahluk hidup yang lainnya. Tidak ada kehidupan didunia ini dapat berlangsung tanpa kehadiran api dan panas untuk menemani hidup manusia dan mahluk hidup laiinya. Akan tetapi jika salah dalam penggunaanya maka api akan mendatangkan mala petaka, dengan dapat menghancurkan segalanya termasuk harta benda.

Karena api memiliki sifat yang sarwa baksa inilah dalam upacara agama hindu api digunakan sebagai lambang pengusir atau pembasmi segala kotoran atau pengusir roh jahat yang mungkin mengganggu. Seperti misalnya :
1. Dalam bentuk api takep, yang biasany digunakan untuk mengiringi sesajen seperti segehan.
2. Api prakpak atau obor dari daun kelapa kering, ini biasanya untuk uoacara buta ysdnya
3. Api tetimpug juga dalam upacara buta yadnyandengan fungsi mengusir buta kala, dan juga digunakan pada saatnupacara perkawinan.
4. Api tabunan, digunakan pada saat ada orang kecelakaan dan darahnya sampai mengotori tanah
5. Dalam upacara ngaben
6. Dalam upacara manusa yadnya yaitu  lepas aon
7. Api sebagai saksi upacara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TATA LUNGGUH PEMANGKU RITATKALA NGEMARGIANG UPACARA MANUSA YADNYA MAPAG/TIGA BULANAN DAN OTONAN

TATA LUNGGUH PEMANGKU RITATKALA NGEMARGIANG UPACARA MANUSA YADNYA MAPAG/TIGA BULANAN DAN OTONAN AGEM AGEMAN KEPEMANGKUAN  BAGIAN I PEMBERSIHAN DIRI 1. DUDUK MENGHADAP UPACARA Om Padma Sana Ya Namah Om Prasada Stiti Sarira Siwa Suci  Nirmala ya Namah OM I BA SA TA A  YA  NA  MA  SI  WA  MAM UM AM OM SA  BA  TA  A  I  NA  MA  SI WA  YA  AM  UM  MAM  Namah Om Am Pradana Purusa Sang Yogaya Windu Dewaya, Boktra Jagat Nataya, Dewa-Dewi Sang Yogaya, Parama Siwa Ya Namah.  2. Membersihkan Kedua Tangan KANAN             : Om sudamam swaha KIRI                  : Om ati sudamam swaha 3. Pranayama (Tangan Amusti Ring Ulu Hati) Ring Hati         : Om Ang Brahma ya namah Ring Ampru                 : Om Ung Wisnu ya Namah Ring Papusuh  : Om Mang Iswara ya namah 4. Tangan arung. Ong sri  guru jagat paro byo yenamah swaha 5. Tangan Nungkayak Ong tirta sawitra rakta nila warna amerta suda nirmala ya namah swaha. 5. Puspa Ong puspa danta ye namah swaha

NGEMARGIANG PECARUAN

NGEMARGIANG PECARUAN I PRANAYAMA II. NGASTAWA TIRTA III. NGERESIK 1. NGELINGGIHANG SURYA Om om parama siwa surya lingga sunya ya namah Om om sada siwa surya lingga niska aya namah Om om sada rudra surya lingga ati ya namah Om om maha dewa surya lingga nira ya nam Om mam iswara surya lingga parama ya namah Om ung wisnu surya lingga antara ya namah Om am brahma surya lingga ya namah Om hram hrim syah surya lingga ya namah Om i ba sa ta a ya na ma si wa ya mam um am Om sa ba ta a i na ma si wa ya am um mam 1. Surya Astawa Om aditya sya paramjyotir, Rakta teja nama stute Sweta pangkaja madiasta, Baskara ya namah stute Om aditya garba pawana, aditya janopa surya Surya rasmir hrsi kesa, Surya satwam maha wiriam Om aditia jata wedasa, aditia janopa surya surya rasmir hrsi kesa, surya satwam maha wiriam Om hrang hring sah parama siwa aditya ya namah suaha. 3. BRAHMA ASTAWA Om namaste begawan agni  Namaste begawan hari Namaste begawan isa Sarwa baksa huta sana O

Puja Mlaspas

Puja Melaspas Bangunan Ini puja untuk Melaspas Bangun sejak Mabuk untuk umum Puja makuh Bangunan. Om, Ang, Ah, Dewa-dewi maworana ya namah. Puja Panyapsap Bangunan. Sarana, payuk pere misi toya anyar, ambengan 11 katih. Om, Bhagawan Brahma anyapuh halning wewangun, pring taru ginawe umah, suddha malanta manadi kayu pring. Om, Suddha mala, suddha papa, suddha, suddha wariastu swaha. Puja Ngurip Bangunan . Om, Sa, Ba, Ta, A, I, Na, Ma, Si, Wa, Ya, Wiswakarma prayojanam, Bhuwana kreta ya namah, hayu wreddhi ya namah. Menjalankan Pangurip-urip. Om, Bhagawan Sukra angurip sarwa wewangunan, kayu pring ginawe umah, rah sata wana bayunta urip sang uga wangun, teka urip 3x. Puja Tirta Pemlaspas Bangunan. Om Sang Hyang Parama Wisesa sura sakti, sira anguripaken sarwa tumuwuh, anguripaken wewangunan kabeh, purwa, ghneyan, daksina, nairiti, pascima, wayabya, uttara, airsanya, sor, luhur, sami padha kauripana den nira Sang Hyang Parama Wisesa murti sakti, apu